Surau TV

Banner

Hari TBC Sedunia, Biddokkes Polda Riau Adakan Penyuluhan Kesehatan di Polres Kampar

Image
Tuesday, 20 March 2018 | 15:13:23 WIB


BANGKINANG KOTA (nusapos.com) - Selasa (20/3/2018) pukul 09.00 wib, di Gedung Serbaguna Polres Kampar dilaksanakan Sosialisasi dan Penyuluhan tentang Penyakit Jantung, Hypertensi dan TBC Paru, serta pengambilan sampel dahak dalam rangka Hari TBC Sedunia yang diadakan oleh Tim Biddokes Polda Riau bekerjasama dengan Puskesmas Bangkinang Kota.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Biddokkes Polda Riau antara lain dr. Nelly R. Marpaung, didampingi Juniar Sitinjak. S. Kep Ns dan Iptu Erdil Kamri Amk serta R.J. Sinambela SE, selain itu hadir Kepala Puskesmas Kec. Bangkinang Kota dr. Eli Susanti serta personel Urkes Bag Sumda Polres Kampar yaitu Penata Elmiwati, Brigadir Indra Gunawan dan Bripda Herti Vira.

Kedatangan Tim Bid Dokkes Polda Riau ini diterima oleh Waka Polres Kompol Basa Emden Banjarnahor SIK, MH yang mewakili Kapolres Kampar, selanjutnya dilakukan penyuluhan oleh Tim yang didampingi Iptu Habibahnil dan diikuti segenap personel Jajaran Polres Kampar.

Mengawali penyuluhan ini
Tim Biddokkes Polda Riau melalui Juniar Sitinjak S. Kep Ns memberikan penjelasan tentang penyakit jantung koroner sebagai penyakit yang sangat berbahaya, dijelaskan tentang gejala-gejala dan penyebab penyakit jantung serta diterangkan juga tentang tindakan pertama ketika seseorang terkena serangan jantung.

Sebelum mengakhiri penyuluhan tentang penyakit jantung ini, narasumber memberikan kesempatan bertanya kepada para peserta penyuluhan yang ditanggapi langsung oleh tim.
  
Usai sesi tanyajawab dilanjutkan dengan topik Hipertensi dan penyebab-penyebabnya, kemudian paparan dari Kepala Puskesmas Bangkinang Kota dr. Elvi Yanti
tentang penyakit TBC meliputi pengertian TBC, penyebab, penularan TBC dan fakta tentang penyakit TBC di Indonesia.

Dijelaskan bahwa TBC dapat disembuhkan dan dicegah melalui cara atau tindakan tidak meludah disembarangan tempat, menutup mulut pada waktu bersin dan batuk dan saat pengobatan tidak boleh terputus konsumsi obatnya sebelum benar-benar sembuh.

Kegiatan berikutnya yaitu vaksinasi Hepatitis-B dan pengukuran tensi, 
diawali pengisian formulir persetuan bagi peserta yang mau divaksin, bagi yang telah mengikuti vaksinasi diberikan kartu vaksin.
 
Kegiatan selesai pada pukul 11.10 wib  dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar. 

Sumber : Humas Polres Kampar

Laporan : Juliardi

Editor : Red

loading...